Senin, 14 Februari 2011

Biografi/Riwayat Nabi Muhammad SAW



Rosulullah SAW dilahirkan dikota Mekkah pada hari senin tanggal 12 Rabiul awwal Tahun Gajah (Ammul Fiil) bertepatan pada tanggal 21 April 571 M.
Nasab Nabi Muhammad SAW :
Nasab dari ayah : Nabi Muhammad SAW bin ‘Abdillah bin ‘Abdil Muthallib bin Hasyim bin ‘Abdimanaf bin Qusyoy bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihrin bin Malik bin Nadlr bin Kinaanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudlar bin Nizar bin Ma’ad bin ‘Adnaan.
Nasab dari ibu : Nabi Muhammad SAW bin Aminah binti Wahab bin ‘Abdi Manaf bin Zuhroh bin Kilab.
Bentuk Tubuh dan sebagian keadaan Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW adalah seorang yang paling baik, tampan, mukanya putih, baik mulutnya, cukup besar kepalanya, licin pelipisnya, lebar dahinya, tebal alisnya,hitam kedua matanya, hidungnya mancung, pipinya cukup panjang , jenggotnya tebal, jari tangan dan kakinya besar dan tegap, belikat dan hastanya besar, luas pundak dan dadanya, bentuk badannya sedang yakni tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, rambutnya sedang yakni tidak terlalu keriting, suaranya merdu yang kemerduannya itu tiada seorangpun yang menyamainya, jika tertawa tersenyum manis, jika berjalan tegap, seakan-akan turun dari atas (hal ini menunjukkan ketegapan dan keperkasaannya). Jika Beliau menoleh, maka dengan seluruh badannya (tidak hanya kepalanya saja), Beliau selalu berbau harum sekalipun tidak berminyak wangi, Dan beliaupun tidak pernah menguap, juga tidak pernah keseleg, sendawa (atob), karena kenyang dan lain-lain.
Akhlakul Karimah (budi pekerti) Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW adalah seorang yang paling sempurna bentuk tubuhnya, teramat tinggi budi pekertinya. Pikiran Beliau amat cerdas dan luas, Beliau sangat mencintai fakir miskin, kasih sayang kepada sesama manusia, Beliau tidak pernah marah kecuali jika perintah Allah dilanggar (tidak pernah marah karena dorongan hawa nafsu). Beliau selalu memberi ampun kepada orang-orang yang pernah menyakitinya. Beliau tidak pernah mencaci dan mencela serta melaknat orang lain. Beliau sangat takut kepada Allah SWT. Beliau berani lagi kuat, dermawan dan mulia, fasih lidahnya, bersih dan suci bicaranya, kepandaian beliau dalam soal bahasa dikagumi orang-orang. Beliau tidak mau disanjung, dipuji dan dipuja karena beliau adalah sangat Tawaddlu (rendah hati).
Mu’jizat Rasulullah SAW :
Diantara Mu’jizat Beliau adalah : Memecah bulan ketika orang-orang Quraisy meminta kepada Beliau, dapat mengeluarkan air dari jari tangan beliau, ketika beliau meletakkan tangan beliau pada sebuah tempat yang berisi air sedikit. Beliaupun dapat memperbanyak makanan yang sedikit dan dapat menyembuhkan orang-orang sakit.
Adapun Mu’jizat terbesar Rasulullah SAW adalah Kitab Suci Al-Qur’anul Karim.
Istri-istri Rasulullah SAW :
Khadijah binti Khuwalid dan Zainab binti Khuzaimah, keduanya meninggal dunia ketika Nabi SAW masih hidup.
Dan ketika beliau wafat, beliau meninggalkan sembilan orang istri, yaitu : 1.‘Aisyah binti Abu Bakar Asshiddik, 2. Hafshah binti Umar, 3.Ummu Habibah binti Abu Sufyan, 4. Juwariyah binti Harits., 5. Shafiyah binti Huyay, 6. Saudah binti Zam’ah, 7. Zainab binti Jahsy, 8. Maimunah binti Harits, 9. Ummu Salamah (Hindun) binti Abu Umayyah
Putra – Putri Rasulullah SAW :
1. Putra Rasulullah SAW ada tiga orang, semuanya meninggal dunia sebelum Nabi SAW Wafat, yaitu :
1. Qasim, ia lahir sebelum beliau menjadi Nabi dan Rasul ia hidup hanya dua tahun.
2. Ibrahim, dilahirkan tahun kedelapan Hijriah.
3. Abdullah, ia lahir sebelum beliau menjadi Nabi dan Rasul dan meninggal ketika masih kecil.
2. Putri Rasulallah SAW, ada empat orang, yaitu:
1. Zainab, ia meninggal dunia sebelum Nabi SAW wafat.
2. Ruqoyyah, ia juga meninggal dunia sebelum Nabi SAW wafat.
3. Ummi Kulsum, dan ia juga meninggal dunia sebelum Nabi SAW wafat.
4. Fatimah, ia mendapat gelar al-Batul karena ia seorang putri yang termulia budi pekertinya dan sangat teguh beragama.
Paman dan Bibi Nabi SAW
1. Paman Nabi ada sepuluh orang yaitu :
1. Abu Thalib, 2. Zubair, 3. Hamzah, 4. Muqawwam, 5. Abdul Fadlal Abbas, 6. Dhirar, 7. Harits, 8. Qutsam, 9. Abu Lahab, 10. Ghaidaq.
Paman Nabi SAW yang masuk Islam adalah Sayyidina Abbas dan Sayyidina Hamzah.
2. Bibi Nabi ada enam orang, yaitu:
1. Shafiyyah, 2. ’Atikah, 3. Baidla, 4. Barrah, 5. Umaimah, 6. Arwa.
Bibi Nabi SAW yang masuk Islam adalah Shafiyyah, dan ada yang mengatakan ‘Atikah dan Arwa juga sudah masuk Islam.
Rasulallah SAW Wafat di Kota Madinah pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal 11 Hijriyyah, bertepatan dengan tanggal 8 Juni 633 M. dalam usia 63 Tahun (53 Tahun di Makkah dan 10 Tahun di Madinah).
Sahabat Rasulullah SAW (Khulafaurrasidin):
1. Sayyidina Abu Bakar Assiddiq RA,
masa menjadi khalifah yaitu dua tahun setengah, dengan pusat pemerintahan di Madinah, umurnya 63 tahun, wafat pada malam Selasa antara Maghrib dan Isya, tanggal 23 Jumadil Akhir 13 H. dimakamkan di Madinah bersama Rasulullah SAW.
2. Sayyidina ‘Umar bin Khattab RA,
masa menjadi khalifah yaitu sepuluh tahun lima hari, dengan pusat pemerintahan di Madinah, umurnya 63 Tahun, wafat pada tanggal 27 Zulhijjah 23 H. dimakamkan di Madinah bersama Rasulullah SAW.
3. Sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan,
masa menjadi khalifah yaitu dua belas tahun kurang dua belas hari, dengan pusat pemerintahan di Madinah, umurnya 88 tahun, wafat pada hari Rabu ba’da ‘Asyar18 Dzulhijjah 35 H. dimakamkan di Baqi’.
4. Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib RA,
masa menjadi khalifah lima tahun, dengan pusat pemerintahan di Kufah, umurnya 65 tahun, wafat pada malam Jum’at 17 Ramadhan (tidak ada keterangan tahun) dimakamkan di serambi Masjid Kufah dekat pintu Kandah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar